Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Monday 19 October 2020

Pembahasan Soal KSM Fisika MA Tk. Kota/Kabupaten Tahun 2019 Nomor 6 - 10

 


Soal Nomor 6

Pemerintah Indonesia berencana membangun pusat pembangkit listrik, yang menghasilkan daya listrik sebesar 755 MW dengan konsumsi bahan bakar batubara sebesar 420 ton per jam. Panas yang dihasilkan pembakaran batubara tersebut adalah 32 MJ/kg. Berapakah efisiensi dari pusat pembangkit listrik tersebut?
(A) 10%
(B) 15%
(C) 20%
(D) 25%

Penyelesaian:


Soal Nomor 7

Sebuah kubah masjid berbentuk busur cincin setengah lingkaran (Gambar a) berjari-jari R, dengan muatan +Q yang terdistribusi merata menghasilkan medan listrik Ec pada titik P. Apabila kubah tersebut runtuh sehingga menjadi sebuah titik dengan jarak R dari P (Gambar b), berapakah besar faktor pengali dari medan listrik pada titik P?
(A) 1,04
(B) 1,35
(C) 1,57
(D) 1,70

Penyelesaian:


Soal Nomor 8

Terdapat dua buah elektron yang terpisah pada jarak 2 cm, kemudian dari jarak takterhingga ditembakkanlah sebuah elektron sehingga elektron tersebut berada diantara kedua elektron sebelumnya. Berapakah kecepatan awal dari elektron yang ditembakkan tersebut?
(A) 2,7 m/s
(B) 3,2 m/s
(C) 4,5 m/s
(D) 5,3 m/s

Penyelesaian:

Nilai yang mendekati jawaban adalah 3,2 m/s (B) , 
Kunci Jawaban dari Panitia adalah (B)


Soal Nomor 9

Gambar dibawah ini menunjukkan sebuah kabel yang berbentuk lingkaran dengan arus di dalamnya i = 4,6 mA, berjari-jari a = 1,8 cm dan tegak lurus terhadap arah radial simetrik yang menyimpangkan medan magnetik.
Medan magnetik sebesar B = 3,4 mT terdapat pada seluruh tempat disekitar kabel berbentuk lingkaran tersebut berarah 𝜃 = 20 terhadap normal bidang kabel. Berapakah besar gaya dari medan yang ada pada lingkaran?
(A) 6,0×10^−7 N
(B) 7,5×10^−7 N
(C) 8,3×10^−7 N
(D) 9,6×10^−7 N

Penyelesaian:



Soal Nomor 10

Sebuah gas ideal (1 mol) pada mesin yang beroperasi seperti pada siklus di bawah ini, Proses BC dan DA adiabatik, maka pernyataan yang benar adalah ....
(A) Gas yang terdapat pada mesin tersebut termasuk jenis gas diatomik
(B) Efisiensi mesinnya adalah 75%
(C) Kalor yang diserap pada proses A→ B adalah −1/4 Po𝑉o(5/2)
(D) Kalor yang dilepaskan pada proses C→ D adalah Po𝑉o(5/2)

Penyelesaian:

No comments:

Post a Comment