Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Tuesday 10 April 2018

PEMBAHASAN SOAL SBMPTN FISIKA 2016 KODE 226

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan sistem ujian tulis sampai saat ini telah mengalami beberapa kali perubahan baik sistem maupun nama, mulai dari nama SIPENMARU (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru), kemudian dirubah dengan nama UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri), kemudian dirubah lagi menjadi SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), seterusnya menjadi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan sekarang SNMPTN menjadi seleksi masuk PTN melalui jalur undangan, sedangkan jalur tes tulisnya berubah nama menjadi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SBMPTN merupakan salah satu bentuk seleksi calon mahasiswa baru yang diadakan oleh perguruan tinggi negeri  yang diadakan setiap tahun setelah proses SNMPTN selesai. SBMPTN merupakan bentuk seleksi calon mahasiswa yang diselenggarakan dalam bentuk tes (mengerjakan soal), dimana memiliki dua sistem tes, yaitu; [1]. Tes tulis sistem kertas (PBT), dan yang [2]. Tes dengan sistem komputer (CBT). Adik-adik bebas memilih jenis ujian mana yang adik inginkan dan yang paling nyaman menurut adik-adik. 
Yang diujikan dalam SBMPTN meliputi Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang meliputi: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, dan Tes Potens Akademik (TPA), Bidang Saintek (IPA) meliputi: Matematika IPA, Fisika, Kimia dan Biologi, Bidang Soshum (IPS) yang meliputi Ekonomi Akuntansi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi, maupun SBMPTN Campuran (IPC) saintek dan soshum.

Bagi adik-adik yang akan mengikuti SBMPTN sangat penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Persiapan yang harus mulai adik-adik lakukan adalah dengan; Rajin membahas bentuk-bentuk soal SBMPTN dan berlatih mengerjakan soal yang tersedia, Sering-sering membahas materi-materi SBMPTN, Mempelajari tips-tips SBMPTN agar kesempatan lulus seleksi SBMPTN semakin besar.


Untuk membantu mempersiapkan diri untuk  mengikuti SBMPTN khusus bidang Saintek mata pelajaran Fisika, kami berikan Pembahasan Soal SBMPTN Fisika 2016 Kode 226 yang bisa adik-adik pelajari sebagai bahan pembelajaran dan latihan, sebagai berikut:


Untuk mendownlod soal dan pembahasan di atas silahkan klik di bawah ini:


Demikianlah Pembahasan Soal Saintek Fisika 2015 Kode 508
sebagai bahan pembelajaran dan refleksi.


Semoga Bermanfaat !

No comments:

Post a Comment