Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Wednesday 22 July 2020

MOMEN GAYA

Momen gaya (torsi) adalah besaran yang menyatakan besarnya suatu gaya yang bekerja pada sebuah benda sehingga benda tersebut bergerak rotasi.


Besarnya momen gaya (torsi)  yang bekerja pada suatu bendavdipengaruhi oleh besar gaya yan bekerja pada benda tersebut, dan jarak titik kerja gaya terhadap poros putar benda. Secara matematis momen gaya tersebut merupakan hasil perkalian silang (vektor) antara vektor gaya dengan jarak;

Jika arah gaya (F) membentuk sudut α terhadap jarak titik kerja gaya ke poros putar (R), maka besarnya momen gaya dirumuskan:
Keterangan:
  =  momen gaya atau torsi (N.m) 
F  =  gaya (N)
R =  jarak garis kerja gaya ke poros putar (m)
α  =  sudut antara gaya (F) dan jarak titik kerja gaya ke poros putar.

Karena momem gaya merupakan hasil perkalian silang antara vektor gaya dan jarak, maka momen gaya (torsi) merupakan besaran vektor, yang memiliki nilai dan arah. Arah momen gaya mengikuti arah gerak rotasi bendanya, misalkan: jika benda berotasi searah putaran jarum jam, maka momen gaya bernilai positif   t (+) , dan jika benda berotasi berlawanan arah putaran jarum jam, maka momen gaya bernilai negatif  t (–), atau bisa sebaliknya sesuai dengan kesepakatan

Berikut ini contoh perumusan momen gaya pada batang homogen:

Silahkan lihat juga video pembelajaran tentang momen gaya, pada link berikut:

Untuk lebih lengkapnya mengenai materi Dinamika Gerak Rotasi dilengkapi Contoh Pembahasan Soal dan Soal - soal latihan, dapat di download di bawah ini:


Semoga bahan ajar ini bermanfaat dan dapat menambah pemahaman sahabat - sahabat tentang materi - materi Fisika di sekolah.

Teruslah semangat belajar, karena Fisika itu Asik dan mudah 
Salam sukses selalu untuk semuanya.











No comments:

Post a Comment