Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Sunday 29 December 2019

Soal dan Pembahasan USBN Fisika SMA/MA Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 Paket 1

USBN adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang sebenarnya adalah penjelmaan dari Ujian Sekolah (US). Bedanya kalau USBN itu berstandar nasional, sedangkan US berstandar satuan pendidikan (sekolah). 

USBN diadakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan penilaian, dan bagi peserta didik diharapkan dapat mengukur capaian kompetensi mereka setelah menyelesaikan program pendidikan pada jenjang tertentu. 

Sejak 2015 USBN sudah menjadi penentu kelulusan. Tapi, USBN bukan satu-satunya penentu kelulusan. Masih ada kriteria lain seperti harus menyelesaikan semua program pendidikan dan atau memiliki nilai baik untuk karakter, akhlak dan budi pekerti. 

Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN adalah mencakup seluruh mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik sesuai kurikulum yang berlaku kecuali mata pelajaran muatan lokal. 

Karena hasil USBN merupakan salah satu penentu kelulusan peserta didik, maka peserta didik harus banyak berlatih untuk mempersiapkan diri melaksanakan USBN tersebut agar dapat dengan mudah menjawab soal-soal yang diberikan dalam USBN tersebut.

Untuk peserta didik SMA dan MA Peminatan MIPA, mata pelajaran Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipersiapkan dengan cara banyak berlatih mengerjakan soal-soal USBN sebelumnya. Karena Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan hafalan, pemahaman dan keterampilan dalam menjawab soal-soalnya. 


Untuk USBN tahun 2020, melalui blog ini khusus untuk mata pelajaran Fisika kami memberikan soal-soal USBN tahun sebelumnya disertai dengan pembahasan yang disajikan selengkap mungkin disertai penjelasan teori dibanti gambar dan rumus-rumus cepat. 

Bagi teman-teman peserta didik SMA dan MA kelas XII MIPA, berikut pembahasan soal USBN Tahun 2018 Provinsi Jawa Barat Paket 1 yang dapat digunakan untuk berlatih menghadapi USBN Tahun 2020:

Soal USBN Jabar 2018:



Pembahasan Soal dan Kunci Jawaban:



Bagi yang memerlukan file-file tersebut silahkan download di bawah ini:

Soal USBN Jabar 2018 Paket 1 ;  Download File di sini
Pembahasan Soal USBN Jabar 2018 Paket 1 ; Download File di sini

Semoga soal dan pembahasan USBN ini bermanfaat dan dapat membantu teman-teman dalam meraih hasil yang baik khususnya pada USBN mata pelajaran Fisika. Jangan lupa terus belajar dengan optimis, karena Fisika itu Asik dan mudah!

1 comment: