Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Saturday 1 February 2020

Pembahasan Soal OSN Fisika SMA Tingkat Kota/Kab Tahun 2019

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.
Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO - International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002.
Olimpiade Sains Nasional diadakan sekali dalam satu tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.
Untuk dapat mengikuti kompetisi OSN baik tingkat kota/kabupaten, Provinsi bahkan Nasional, para peserta harus benar-benar banyak berlatih mengasah kemampuan dalam menyelesaikan dan menjawab soal-soal OSN. 



OSN SMA/MA mata pelajaran Fisika adalah satu-satunya mata pelajaran yang menyajikan soal-soal dalam bentuk uraian. jadi peserta harus benar-benar terlatih dan fahan tentang hukum-hukum fisika dan teorema-teorema matematika.
Bagi peserta didik SMA/MA yang akan mengikuti kompetensi OSN tingkat Kota/Kabupaten, berikut pembahasan soal OSN Fisika Tingkat Kota/Kab. Tahun 2019 untuk dapat dijadikan sumber belajar dan latihan:


Bagi teman - teman yang memerlukan file di atas silahkan download di sini

Semoga pembahasan Soal OSN Fisika ini dapat bermanfaat untuk belajar berlatih meningkatkan kemampuan dalam menghadapi kompetisi OSN mata pelajaran Fisika Tingkat Kota/Kabupaten. Dan bagi teman-teman yang akan mengikuti kompetisi OSN dapat meraih prestasi yang terbaik. 
Teruslah semangat dan optimis untuk belajar, karena sebenarnya Fisika itu mudah dan Asik. 



1 comment:

  1. terima kasih pak Asep atas murah hati berbagi ilmu.......

    ReplyDelete