Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Friday 7 February 2020

Soal dan Pembahasan UTUL UGM Fisika Tahun 2018

Ujian Tulis (UTUL) UGM
Jalur seleksi ini merupakan seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti.

Kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:
1) Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
2) Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).
3) Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran.


Bagi teman-teman bercita-cita melanjutkan studi di UGM, maka harus mempersiapkan diri belajar dan berlatih mengerjakan soal - soal UTUL UGM dan soal-soal latihan lainnya, supaya ketika mengikuti UTUL UGM ini, dapat dengan mudah menjawab soal-soal yang diberikan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan soal dan pembahasan UTUL UGM Tahun 2018 untuk pelajaran Fisika. Soal ditik ulang sesuai dengan aslinya  dan pembahasannya ditulis secara rinci step by step dilengkapi gambar (untuk beberapa soal) disertai penjelasan teorinya yang sesuai dengan materi soal yang ditanyakan. 


Bagi teman-teman yang ingin mendownlod file di atas, silahkan download di bawah ini:
Naskah soal UTUL UGM Saintek Tahun 2018 Kode 276 (download di sini)
Soal Sintek Fisika UTUL UGM Saintek Tahun 2018 Kode 276 (download di sini)
Pembahasan Soal Sintek Fisika UTUL UGM Saintek Tahun 2018 Kode 276 (download di sini)

Semoga pembahasan ini bermanfaat terutama buat teman-teman yang bercita-cita ingin melanjutkan studi di Unuversitas Gajah Mada (UGM) melalui jalur Ujian Tulis (UTUL UGM).
Terus semangat dan optimis belajar, karena Fisika itu sebenarnya mudah dan Asik.

1 comment: