Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Thursday 31 October 2019

Soal dan Pembahasan UTBK Fisika Tahun 2019 Paket 1

Oleh: Tim Fisika Sekolah Asik

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
Pada Tahun 2019 SBMPTN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Pelaksanaan SBMPTN dengan sistem UTBK tahun 2019 pertama kali dilaksanakan secara menyeluruh, dengan sistem pelaksanaan dan penilaian yang baru. Soal - soal yang diberikan pun jauh berbeda dengan soal - soal SBMPTN sebelumnya. Untuk mata pelajaran Fisika, SBMPTN sebelumnya berjumlah 15 nomor, sedangkan pada SBMPTN tahun 2019 dengan sistem UTBK berjumlah 20 nomor, dengan waktu yang sangat singkat dan tingkat kesulitan bervariasi dari yang hafalan (C1) sampai yang analitis (C4) .

UTBK Tahun 2020 dapat diikuti oleh peserta didik lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.  Bagi peserta didik yang mau mengikuti UTBK, harus mempersiapkan diri dengan banyak berlatih menyesaikan soal - soal yang diujikan, dan  banyak mengikuti Try out - Try out  UTBK serta mengevaluasi hasilnya.



Pada kesempatan kali ini kami bagikan soal dan pembahasan UTBK Fisika Tahun 2019 Paket 1 sebanyak 20 nomor soal yang sudah dibahas disertai penjelasan teori-teori singkat yang berhubungan dengan materi soal, serta penyelesaian soal dirinci secara bertahap (step by step) dilengkapi deskripsi gambar yang jelas sampai menemukan jawaban yang benar.



Bagi yang perlu file pembahasan soal UTBK Fisika di atas, silahkan download di bawah ini:


Semoga bermanfaat, dan terus semangat serta optimis belajar, karena sebenarnya fisika itu mudah dan asik.

Lihat juga
soal dan pembahasan UTBK Fisika Tahun 2019 Paket 2.
soal dan pembahasan Simak UI Saintek Fisika 2019
soal dan pembahasan UTUL UGM Saintek Fisika 2018

1 comment: