Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Saturday 22 February 2020

GELOMBANG

Materi Fisika Peminatan Kelas XI Semester 2

Gelombang adalah getaran yang merambat, atau bisa didefinisikan sebagai rambatan energi.


Macam - macam gelombang
Berdasarkan arah rambatannya, gelombang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
  • Gelombang Transversal, yaiu gelombang yang arah getarannya tegak lurus dengan arah rambatannya. Contoh: Gelombang Cahaya, Gelombang Tali, Gelombang Riak Air, dll.
  • Gelombang Longitudinal, yaitu gelombang yang arah getarannya sejajar dengan arah rambatannya. Contoh: Gelombang Bunyi, Gelombang pada Slinky, dll.
Berdasarkan medium rambatannya, gelombang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
  • Gelombang Mekanik, yaitu gelombang yang memerlukan medium untuk merambatnya. Contoh: gelombang bunyi.
  • Gelombang Elektromagnetik, yaitu gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambatnya. Contoh: gelombang cahaya.
Sifat - sifat Gelombang
  • Pemantulan (Refleksi), adalah peristiwa pembelokan arah gelombang setelah mengenai bidang pantul pada satu medium yang sama.
  • Pembiasan (Refraksi), adalah peristiwa pembelokan arah gelombang dari satu medium ke medium lain yang memiliki kerapatan yang berbeda.
  • Perpaduan (Interferensi), adalah perpaduan dua gelombang atau lebih yang membentuk pola tertentu berupa pola penguatan dan pola penghilangan muka gelombang
  • Pelenturan (Difraksi), adalah pembelokan arah rambat gelombang karena melalui celah sempit atau pembelokan arah rambat gelombang karena adanya penghalang.
  • Pengkutuban (Polarisasi), adalah suatu peristiwa perubahan arah getar gelombang pada cahaya yang acak menjadi satu arah getar. Atau ada yang mendefinisikan bahwa polarisasi adalah peristiwa penyerapan arah bidang getar dari suatu gelombang. Polarisasi hanya terjadi pada gelombang transversal dan tidak terjadi pada gelombang longitudinal.  

Untuk lebih lengkapnya bahan ajar Fisika tentang Gelombang disertai contoh soal dan pembahasan serta soal-soal latihan, filenya dapat didownload di bawah ini:

Bahan Ajar Gelombang  (download di sini)

Semoga bahan ajar ini bermanfaat dalam pembelajaran Fisika di Sekolah. 

Teruslah semangat belajar Fisika, karena Fisika itu Mudah dan Asik.


No comments:

Post a Comment