Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Sunday 8 March 2020

USAHA DAN ENERGI


Materi Fisika Kelas X Semester II


Usaha
Usaha (work) adalah energi yang dsalurkan gaya ke sebuah benda sehingga benda tersebut bergerak (berubah posisi).
Besarnya usaha yang dilakukan oleh sebuah gaya F terhadap suatu benda (seperti gambar di atas) sehingga benda mengalami perubahan posisi sejauh  dirmuskan:

Jika arah gaya F searah dengan arah perpindahan benda ( , maka besarnya usaha:
Pada grafik Gaya (F) terhadap perubahan posisi (x) benda besar usaha sama dengan luas di bawah grafik.

Energi
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Dalam bidang mekanika terdapat beberapa macam bentuk energi, yaitu:

1.  Energi Kinetik
Energi kinetik adalah enrgi yang dimiliki oleh semua benda yang bergerak. Secara umum besar energi kinetik suatu benda dirumuskan:
2.  Energi Potensial
Energi Potensial  adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang memiliki kedudukan/ketinggian terhadap suatu titik acuan (memeiliki kemungkinan untuk bergerak karena pengaruh gaya berat benda). Energi potensial ini lebih khusus disebut energi potensial gravitasi yang besarnya dirumuskan:
3.  Energi Mekanik
Energi mekanik adalah energi total hasil penjumlahan antara energi kinetik dengan energi potensial benda. Energi mekanik dirumuskan:
4.  Hukum Kekekalan Energi Mekanik
Ketika benda bergerak tanpa adanya gaya luar yang bekerja maka besar energi mikanik benda di setiap tempat atau setiap saat besarnya selalu sama (konstan)
Dari gambar di atas benda bergerak secara spontan dari A ke B tanpa dipengaruhi gaya luar, maka hukum kekekalan energi mekanik yang dialami benda tersebut dirumuskan:
Daya
Daya (power) adalah besarnya usaha (perubahan enrgi) yang dilakukan dalam setiap satu satuan waktu. Besarnya daya dirumuskan:

Untuk lebih lengkapnya disertai contoh-contoh soal dan latihan-latihan soal tentang materi Usaha dan Energi, dapat di download di file berikut:
download bahan ajar fisika kelas X SMA/MA Semester 2 tentang Usaha dan Energi;  

Bahan Ajar Usaha dan Energi ; (download di sini)

Semoga bahan ajar ini bermanfaat dalam pembelajaran Fisika di Sekolah. 
Teruslah semangat belajar Fisika, karena Fisika itu Mudah dan Asik.

1 comment:

  1. https://sorrentobeachshack.com.au adalah situs paling menguntungkan jika dimainkan dengan tepat. Situs yang memang direkomendasikan pada tahun 2021/2022 ini adalah JAMINTOTO.

    ReplyDelete