Fisika Sekolah

Blog Pembelajaran Fisika Mencakup Penjelasan Teori, Bahan Ajar, Bank Soal, serta Pembahasan Soal-soal PAS, PAT, UN, SBMPTN, UM, dan OSN/KSM.

Physics Education

Breaking

Wednesday 1 April 2020

Kumpulan Soal - Soal UTBK Tahun 2019

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
Pada Tahun 2019 SBMPTN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Pelaksanaan SBMPTN dengan sistem UTBK tahun 2019 pertama kali dilaksanakan secara menyeluruh, dengan sistem pelaksanaan dan penilaian yang baru. Soal - soal yang diberikan pun jauh berbeda dengan soal - soal SBMPTN sebelumnya. Untuk mata pelajaran Fisika, SBMPTN sebelumnya berjumlah 15 nomor, sedangkan pada SBMPTN tahun 2019 dengan sistem UTBK berjumlah 20 nomor, dengan waktu yang sangat singkat dan tingkat kesulitan bervariasi dari yang hafalan (C1) sampai yang analitis (C4) .

UTBK Tahun 2020 dapat diikuti oleh peserta didik lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.  Bagi peserta didik yang mau mengikuti UTBK, harus mempersiapkan diri dengan banyak berlatih menyesaikan soal - soal yang diujikan, dan  banyak mengikuti Try out - Try out  UTBK serta mengevaluasi hasilnya.
Pada kesempatan kali ini kami bagikan soal - soal  UTBK Tahun 2019 untuk Bidang Umum dan Saintek, terdiri dari Mata pelajaran TPA, Bahasa Indoneisa, Bahasa Inggris, Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi.  Soal - soal ini bisa dijadikan bahan untuk belajar dan melatih pemahaman dalam menghadapi UTBK 2020. Berikut link soal - soalnya:

Soal UTBK 2019 Mata Pelajaran TPA                          ( DOWNLOAD DI SINI )
Soal UTBK 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia     ( DOWNLOAD DI SINI )
Soal UTBK 2019 Mata Pelajaran Bahasa Inggris         ( DOWNLOAD DI SINI )
Soal UTBK 2019 Mata Pelajaran Matematika IPA       ( DOWNLOAD DI SINI )
Soal UTBK 2019 Mata Pelajaran Fisika                       ( DOWNLOAD DI SINI )
Soal UTBK 2019 Mata Pelajaran Kimia                       ( DOWNLOAD DI SINI )
Soal UTBK 2019 Mata Pelajaran Biologi                     ( DOWNLOAD DI SINI )

5 comments:

  1. terutama yg indo eng sama pk

    ReplyDelete
  2. maaf kalo mapel selain fisika ga ada jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta kunjaw fisika nya bang

      Delete
    2. Untuk mapel fisika, saya boleh meminta pembahasan atau kunci jawaban soal diatas tidak ya pak? Terima kasih

      Delete